foto1
Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Family Day Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
AKREDITASI PRODI
Jl. Gunung Pangilun
Padang-Sumatera Barat

Sistem Informasi

Statistik Pengunjung

405643
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
184
188
372
402987
184
7475
405643

Your IP: 10.30.248.108
Server Time: 2021-03-01 13:25:58

 

Disamping RPS, dalam meningkatkan kualitas pengajaran, dosen diharapkan juga membuat bahan ajar. bahan ajar merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Bahan ajar berisi materi pembelajaran (instructional materials) yang secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai.15 Bahan ajar dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu: (1) Bahan cetak (printed) antara lain handout, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, surat kabar atau selebaran (leaflet), wallchat, foto/gambar, model/maket. (2) Bahan ajar dengan (audio) seperti kaset, radio, piringan hitam, dan audio compact disk. (3) Bahan ajar pandangan dengar (audio visual) seperti video compact disk dan film. (4) Bahan ajar interaktif (interactive teaching material) seperti compact disk interaktif.

 

Seiring dengan adanya globalisasi dan dalam era pandemi Covid 19 yang yang terjadi saat ini, pelaksanaan pembelajaran saat ini perlu didukung dengan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Media berbasis teknologi dapat membuat siswa beradaptasi dengan arus perkembangan di bidang IT. Siswa yang terbiasa menggunakan media berbasis IT secara tidak langsung sedang mengembangkan kemampuannya di bidang tersebut dan dapat mengembangkan kualitas SDM yang dimiliki. Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 pasal 48 dan 59 juga mengisyaratkan dikembangkannya sistem informasi pendidikan yang berbasis teknologi dan informasi. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dijadikan sebagai penujang media yang sudah ada adalah dalam bentuk e-learning. Terdapat berbagai jenis elearning misalnya Moodle, Blackboard, Sakai, dotLRN, Dokeos, dan Claroline. Moodle adalah program aplikasi yang dapat mengubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web.Produk e-learning berbasis Moodle memungkinkan siswa untuk masuk kedalam “ruang kelas digital” untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Kelebihan dari Moodle antara lain dapat membuat materi pembelajaran, kuis, forum diskusi secara online dalam suatu kemasan e-learning. Siswa diharapkan dapat lebih memahami materi Sistem Gerak dengan media pembelajaran ini, karena dapat mengakses lebih banyak informasi yang ada pada e-learning Moodle. Selain itu, inovasi media pembelajaran yang ditawarkan diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajarannya. Kegiatan lokakarya ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dijalankan oleh institusi pada tanggal 11 September 2020 lalu dengan tema meningkatkan kualitas e-learnig melalui pembelajaran berbasis Massive Open Online Course (MOOC), dengan pemateri Bapak Ir. Budi Raharjo, M.Sc, P.hD  dari Institut Teknologi Bandung yang merupakan ahli di bidang Informasi dan Teknologi.

 

 

 

II. TUJUAN

 

Melalui kegiatan lokakarya ini diharapkan dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Akuntansi mampu meningkatkan kompetensi dan pengetahuan dalam mendesain perangkat pembelajaran berbasis informasi dan teknologi (IT).

 

 

 

III. MANFAAT

 

Manfaat dari kegiatan lokakaryaini adalah: peningkatan kemampuan dan pengetahuan dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Akuntansi dalam mendesain perangkat pembelajaran berbasis informasi dan teknologi (IT).

 

 

 

IV. PELAKSANAAN

 

1. Peserta

 

Peserta Lokakarya penyusunan perangkat pembelajaran berbasis informasi dan teknologi (IT) adalah: seluruh Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Akuntansi STKIP PGRI Sumatera Barat yang berjumlah 26 orang.

 

2. Tempat dan Waktu

 

Kegiatan Lokakarya penyusunan perangkat pembelajaran berbasis ITdilaksanakan pada:

 

            Hari / Tanggal             :  Kamis-Sabtu /17-19September 2020

 

            Waktu                         :  13.00 WIB sd Selesai

 

Tempat                        :  Ruang Micro Teaching Lantai 2 Gedung B STKIP                                                  PGRISumatera Barat

 

3. Tim Pelaksana

 

Kegiatanlokakarya penyusunan perangkat pembelajaran berbasis ITProgram Studi Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi  STKIP PGRI Sumatera Barat yaitu:

 

a.              Pengarah                        : Ketua STKIP PGRI Sumatra Barat

 

: Wakil Ketua I Bidang Akademik

 

: Wakil Ketua II Bidang Adminsitrasi dan Keuangan

 

: Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni

 

b.             Penanggung Jawab        : Citra Ramayani, ME

 

                       : Nora Susanti, M.Si

 

c.              Ketua                             : Putri Meliza Sari, ME

 

d.             Sekretaris                       : Mona Amelia, M.Pd

 

e.              Perlengkapan                 : Hagi Arfilindo, S.Pd

 

f.               Konsumsi                       : Nisha Selvia, ME

 

g.             Acara dan IT                  : Jimi Ronald, M.PdE

 

  Indra Mulia Pratama, M.Pd

 

4. Jadwal Acara

 

Hari / Tgl                              : Kamis / 17 September 2020

 

              13.00 - 13.30            Registrasi Peserta

 

              13.30 - 14.00            Pembukaan

 

              14.00 - 14.30            Materi Struktur Isi RPS oleh Ibu Sri Imelwaty, PhD

 

              14.30 - 15.30        Materi Model Pembelajaran Ekonomi Berbasis IT oleh Ibu Dr. Leny Noviani, S.Pd, M.Si

 

              15.30 - 16.00            Istirahat Sholat

 

              16.00 - 17.00            Materi Struktrur dan Isi Elearning oleh Bapak Prof. Dr. Ansofino, M.Si

 

                                              

 

Hari / Tgl                              : Jumat / 18 September 2020

 

              08.00 - 15.00           Melaksanakan penugasan mengenai Praktek dan Teknis penggunaan E-learning, dengan Tim Teknis Pendamping Bapak Jimi Ronald, M.PDdE dan Mona Amelia, M.Pd

 

                                              

 

Hari / Tgl                              : Sabtu / 19 September 2020 

 

              08.0012.00           Mengumpulkan tugas penggunaan E-learning dalam perkuliahan dengan menggunakan sistem daring pada Semester Ganjil 2020/2021

 

              12.00 – 13.00           Penutup

 

Pimpinan Program Studi

Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi

Citra Ramayani, S.Pd,.M.E

Sekretaris Program Studi Pendidikan Ekonomi

Sri Wahyuni,M.Pd