foto1
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Family Day Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
STKIP PGRI SUMATERA BARAT
Jl. Gunung Pangilun
Padang-Sumatera Barat

Login Form

Sejarah Singkat Program Studi Pendidikan Ekonomi.

 Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan Program Studi kesembilan yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan PGRI Padang Sumatera Barat. Sebelumnya Yayasan ini telah memiliki delapan Program Studi yakni Program Studi Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Studi Pendidikan Geografi, Program Studi Pendidikan Bahasa inggris, Program Studi Pendidikan matematika, Bimbingan dan Konseling, Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pendirian Program studi pendidikan ekonomi dirintis karena berdasarkan data   jumlah guru ekonomi yang ada saat ini di Indonesia pada  umumnya dan Provinsi Sumatera Barat khususnya belum mencapai titik ideal. Di Sumatera Barat sendiri dari 1.287 Jumlah Sekolah yang tersebar, Guru Ekonomi yang ada baru 548 Orang.(Diknas Sumbar, 2007).  Lulusan guru saat itu hanya berasal dari Universitas Negeri Padang.

Dengan keluarnya Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1) Pada STKIP PGRI Sumatera Barat No 1579/D/T/2009 tanggal 31 Agustus 2009 dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Bapak Fasli Jalal, Program Studi Pendidikan Ekonomi Berhasil menampung 273 mahasiswa angkatan pertamanya dengan Sumber daya Tenaga Dosen 26 Orang Dosen yang terdiri dari dosen tetap dan dosen tidak tetap. dan 1 orang tenaga administrasi. Dua tahun berikutnya tertanggal 14 November 2011 Perpanjangan Izin Program Studi Pendidikan Ekonomi Jenjang S-1 di STKIP PGRI Sumatera Barat nomor 9600/D/T/K-X/2011 resmi dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Dilanjutkan dengan tahun 2012 SK Akreditasi Pertama dengan nomor 042/BAN-PT/Ak-XV/S1/XI/2012 dengan peringkat “C”. Namun pada tahun 2016 berkat kerjasama semua civitas akademika, Program Studi Pendidikan Ekonomi berhasil mendapatkan peringkat “B” berdasarkan Keputusan BAN-PT No 0216/BAN-PT/Akred/IV/2016 Tanggal 15 April 2016 dengan jumlah mahasiswa aktif 1.142 dan dosen tetap yayasan sebanyak 32 orang sehingga rasio dosen:mahasiswa adalah 1:35.

Awalnya, Program Studi Pendidikan Ekonomi hanya memiliki 1 ruang kantor sekaligus ruang dosen dan 10 ruang kelas yang digunakan untuk aktivitas belajar mengajar. Dengan dukungan penuh dari yayasan saat ini Program Studi Pendidikan Ekonomi telah memiliki 13 Ruang Kelas,1 Ruang Kantor, 2 Ruang Dosen, 1 Ruang Seminar, 1 Laboratorium Komputer, 1 Ruang Referensi, 1 Ruang Diskusi, 1 Ruang Bersama Pepustakaan dan 2 Ruang Bersama Mikro Teaching.

Program Studi Pendidikan Ekonomi dari tahun 2009 merumuskan kurikulum yang mengacu pada Kepmendikbud Nomor 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa. Pada tahun 2009 sampai tahun 2012 Program Studi Pendidikan Ekonomi melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Namun pada tahun 2012 sampai 2014 Program Studi Pendidikan Ekonomi melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang telah berorientasi KKNI. Hal ini mengacu pada Perpres Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dimana untuk capaian pembelajaran (CP) yang terdapat dalam KKNI diintegrasikan dalam kompetensi utama, pendukung dan tambahan bagi lulusan program studi Pendidikan Ekonomi. Hal tersebut dapat terlihat pada tabel profil lulusan dibawah ini:

No

Profil

Deskripsi

1

Guru Ekonomi

Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan penelitian dalam proses belajar mengajar ekonomi, mampumenyelesaikan masalah  serta beradaptasi dalam proses belajar mengajar di tingkat SLTP/SLTA agar bertanggungjawab penuh sebagai guru madya dan mampu diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil proses pembelajaran siswa.

2

Manager

Mampu memahami leadership, sistem organisasi ekonomi dan bisnis, serta sistem produksi dalam penyelesaian masalah prosedural dan beradaptasi dengan sistem manajemen perusahaan ekonomi dan bisnis agar dapat menyelesaikan masalah dan beradaptasi dengan sistem pengabilan keputusan serta dapat diberitanggungjawab mempimpin perusahaan dan dapat diminta pertanggungjawaban atas hasil kerjanya.

3

Akuntan

Mampu membuat laporan keuangan dan audit serta memahami neraca keuangan untuk mengembangkan penelitian dalam menyelesaikan masalah prosedural agar dapat beradaptasi dengan sistem akuntansi dan dapat diberi tanggungjawab sebagai tenaga akuntan pada lembaga ekonomi dan bisnis

4

Birokrat Perencana

Mampu memahami sistem informasi pembangunan, mendesign pembangunan, mengevaluasi pembangunan, menguasai komunikasi pembangunan, menguasai komunikasi pemangunan, memahami etodologi ekonomi, memahami teori-teori ekonomi pembangunanmenguasai peralatan analisis ekonomi untuk mengatasi masalah prosedural, pembangunan dan mampu beradaptasi dengan sistem perencanaan, pembangunan pada lembaga pemerintah nasional dan daerah.

 Dari tabel diatas terlihat bahwasanya alumni program studi pendidikan ekonomi tidak hanya disiapkan untuk menjadi guru ekonomi, melainkan juga diasah untuk dapat  berkarier di profil pendukungnya seperti di dunia perbankan, kantor akuntan serta sebagai perencana dalam pembangunan. Untuk mendukung hal itu, Program Studi Pendidikan Ekonomi melengkapi keahlian mahasiswanya melalui kegiatan Praktik Lapangan Non Kependidikan (Magang Industri) selain juga PL Kependidikan.

Dengan strategi membangun networking dengan pengguna lulusan, saat ini alumni Program studi pendidikan ekonomi telah berhasil bergabung pada beberapa perusahaan baik perusahaan penempatan magangnya maupun perusahaan-perusahaan lainnya serta di berbagai Sekolah. Terhitung program studi pendidikan ekonomi telah mewisuda 620 orang wisudawan dalam 6 periode wisuda yang telah tersebar bekerja untuk mencerahkan dan menginspirasi anak bangsa.

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil

 1

 

 

 

 Guru  Ekonomi

 

 

 

Menjadi guru ekonomi yang mampu, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses belajar mengajar Ekonomi untuk penyelesaian masalah dan beradaptasi dalam proses belajar mengajar di Tingkat SLTA/SLTP.,Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses belajar mengajar Ekonomi untuk mengembangkan penelitian dalam Proses Belajar Mengajar di Tingkat SLTA/SLTP agar dapat menyelesaikan masalah pembelajaran di Sekolah. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses belajar mengajar Ekonomi di Sekolah agar bertanggungjawab penuh sebagai guru Madya di Sekolah dan mampu diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil proses pembelajaran siswa di Sekolah.

 

 2

 

 

 

Teknisi Akuntansi Madya

 

 

Menjadi teknisi akuntansi senior yang mampu melakukan pekerjaan dan menyelesaikan masalah di bidang akuntansi pada entitas bisnis jasa, dagang dan manufaktur berskala besar/go public yang sesuai dengan standard dan prinsip-prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisaan data keuangan dan pemilhan metode yang sesuai.

 

 3

 

 

 

Manager Bisnis

 

 

Menjadi Manager Bisnis professional yang mampu memahami: Customer Relationship Management dengan kompetensi : Mampu merancang pemasaran dan penjualan, Mampu mengelola umpan balik  Pelanggan, Mampu Mengelola Keuangan Jasa Pelayanan  dan Memahami Manajemen Sumber Daya Manusia dengan kompetensi : Mampu Membuat strategi dan perencanaan pengelolaan SDM untuk mencapai tujuan organisasi. Mampu  Merencanakan , mencari, memilih SDM yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan organisasi saat ini dan masa yang akan dating. Mampu Membangun Organisasi yang efektif dan efisien. Mampu Mengelola proses pembelajaran dan pengembangan SDM. Mampu Mengelola talenta secara terintegrasi agar meningkatkan pertumbuhan organisasi. Mampu Mengelola karir agar pekerja dapat berkembang dan berkontribusi secara optimal, Mampu Mengelola kinerja pekerja agar selaras dengan tujuan organisasi serta pemberian penghargaan yang menarik, kompetitif, dan adil. Mampu Mengembangk an dan mempertahan kan hubungan pekerja  dan hubungan industrial yang harmonis untuk mencapai tujuan organisasi. Mampu Menyediakan dan mengembangkan layanan administrasi dan sistem informasi manajemen SDM sesuai dengan kebutuhan organisasi.

4

perencana pembangunan dan tata ruang madya

Menjadi perencana pembangunan dan tata ruang madya  yang Mampu memahami sistem informasi pembangunan, mendesign pembangunan, mengevaluasi pembangunan, menguasai komunikasi pembangunan, memahami metodologi ekonomi, memahami teori-teori ekonomi pembangunan, menguasai peralatan analisis ekonomi untuk mengatasi masalah prosedural pembangunan, mampu beradaptasi dengan sistem perencanaan pembangunan pada lembaga pemerintah nasional dan daerah, mengidentifikasi permasalahan wilayah perencanaan,  dan melakukan analisis parsial perencanaan wilayah dan kota.

Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi

Dr. Ansofino, M.Si

 

   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
 
 
 
 
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
 
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
 
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
   
Dosen Teladan Se Kopertis Wilayah X Padang  
Satya Lancana Karya Satya XX Tahun  

Sekretaris Program Studi Pendidikan Ekonomi

Mareta Kemala Sari, SE, MM

Nidn. 1021038502

Pimpinan Program Studi

Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi

Citra Ramayani, S.Pd,.M.E

Sekretaris Program Studi Pendidikan Ekonomi

Sri Wahyuni,M.Pd