foto1
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Family Day Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
STKIP PGRI SUMATERA BARAT
Jl. Gunung Pangilun
Padang-Sumatera Barat

Login Form

Sejarah Singkat Program Studi Pendidikan Ekonomi.

 Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan Program Studi kesembilan yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan PGRI Padang Sumatera Barat. Sebelumnya Yayasan ini telah memiliki delapan Program Studi yakni Program Studi Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Studi Pendidikan Geografi, Program Studi Pendidikan Bahasa inggris, Program Studi Pendidikan matematika, Bimbingan dan Konseling, Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pendirian Program studi pendidikan ekonomi dirintis karena berdasarkan data   jumlah guru ekonomi yang ada saat ini di Indonesia pada  umumnya dan Provinsi Sumatera Barat khususnya belum mencapai titik ideal. Di Sumatera Barat sendiri dari 1.287 Jumlah Sekolah yang tersebar, Guru Ekonomi yang ada baru 548 Orang.(Diknas Sumbar, 2007).  Lulusan guru saat itu hanya berasal dari Universitas Negeri Padang.

Dengan keluarnya Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1) Pada STKIP PGRI Sumatera Barat No 1579/D/T/2009 tanggal 31 Agustus 2009 dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Bapak Fasli Jalal, Program Studi Pendidikan Ekonomi Berhasil menampung 273 mahasiswa angkatan pertamanya dengan Sumber daya Tenaga Dosen 26 Orang Dosen yang terdiri dari dosen tetap dan dosen tidak tetap. dan 1 orang tenaga administrasi. Dua tahun berikutnya tertanggal 14 November 2011 Perpanjangan Izin Program Studi Pendidikan Ekonomi Jenjang S-1 di STKIP PGRI Sumatera Barat nomor 9600/D/T/K-X/2011 resmi dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Dilanjutkan dengan tahun 2012 SK Akreditasi Pertama dengan nomor 042/BAN-PT/Ak-XV/S1/XI/2012 dengan peringkat “C”. Namun pada tahun 2016 berkat kerjasama semua civitas akademika, Program Studi Pendidikan Ekonomi berhasil mendapatkan peringkat “B” berdasarkan Keputusan BAN-PT No 0216/BAN-PT/Akred/IV/2016 Tanggal 15 April 2016 dengan jumlah mahasiswa aktif 1.142 dan dosen tetap yayasan sebanyak 32 orang sehingga rasio dosen:mahasiswa adalah 1:35.

Awalnya, Program Studi Pendidikan Ekonomi hanya memiliki 1 ruang kantor sekaligus ruang dosen dan 10 ruang kelas yang digunakan untuk aktivitas belajar mengajar. Dengan dukungan penuh dari yayasan saat ini Program Studi Pendidikan Ekonomi telah memiliki 13 Ruang Kelas,1 Ruang Kantor, 2 Ruang Dosen, 1 Ruang Seminar, 1 Laboratorium Komputer, 1 Ruang Referensi, 1 Ruang Diskusi, 1 Ruang Bersama Pepustakaan dan 2 Ruang Bersama Mikro Teaching.

Program Studi Pendidikan Ekonomi dari tahun 2009 merumuskan kurikulum yang mengacu pada Kepmendikbud Nomor 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa. Pada tahun 2009 sampai tahun 2012 Program Studi Pendidikan Ekonomi melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Namun pada tahun 2012 sampai 2014 Program Studi Pendidikan Ekonomi melaksanakan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang telah berorientasi KKNI. Hal ini mengacu pada Perpres Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dimana untuk capaian pembelajaran (CP) yang terdapat dalam KKNI diintegrasikan dalam kompetensi utama, pendukung dan tambahan bagi lulusan program studi Pendidikan Ekonomi. Hal tersebut dapat terlihat pada tabel profil lulusan dibawah ini:

No

Profil

Deskripsi

1

Guru Ekonomi

Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan penelitian dalam proses belajar mengajar ekonomi, mampumenyelesaikan masalah  serta beradaptasi dalam proses belajar mengajar di tingkat SLTP/SLTA agar bertanggungjawab penuh sebagai guru madya dan mampu diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil proses pembelajaran siswa.

2

Manager

Mampu memahami leadership, sistem organisasi ekonomi dan bisnis, serta sistem produksi dalam penyelesaian masalah prosedural dan beradaptasi dengan sistem manajemen perusahaan ekonomi dan bisnis agar dapat menyelesaikan masalah dan beradaptasi dengan sistem pengabilan keputusan serta dapat diberitanggungjawab mempimpin perusahaan dan dapat diminta pertanggungjawaban atas hasil kerjanya.

3

Akuntan

Mampu membuat laporan keuangan dan audit serta memahami neraca keuangan untuk mengembangkan penelitian dalam menyelesaikan masalah prosedural agar dapat beradaptasi dengan sistem akuntansi dan dapat diberi tanggungjawab sebagai tenaga akuntan pada lembaga ekonomi dan bisnis

4

Birokrat Perencana

Mampu memahami sistem informasi pembangunan, mendesign pembangunan, mengevaluasi pembangunan, menguasai komunikasi pembangunan, menguasai komunikasi pemangunan, memahami etodologi ekonomi, memahami teori-teori ekonomi pembangunanmenguasai peralatan analisis ekonomi untuk mengatasi masalah prosedural, pembangunan dan mampu beradaptasi dengan sistem perencanaan, pembangunan pada lembaga pemerintah nasional dan daerah.

 

Dari tabel diatas terlihat bahwasanya alumni program studi pendidikan ekonomi tidak hanya disiapkan untuk menjadi guru ekonomi, melainkan juga diasah untuk dapat  berkarier di profil pendukungnya seperti di dunia perbankan, kantor akuntan serta sebagai perencana dalam pembangunan. Untuk mendukung hal itu, Program Studi Pendidikan Ekonomi melengkapi keahlian mahasiswanya melalui kegiatan Praktik Lapangan Non Kependidikan (Magang Industri) selain juga PL Kependidikan. History penempatan PL Non Kependidikan (Magang Industri) mahasiswa tersebut dapat dilihat pada tabel distribusi dibawah ini:

No.

Tahun

Jumlah Mahasiswa Magang (orang)

 

Jumlah Instansi Dalam Kota

Jumlah Instansi Luar Kota

1.

2012

163

24

14

2.

2013

209

50

43

3.

2014

283

46

44

4.

2015

250

50

47

5.

2016

228

52

20

Total

             1.133

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan strategi membangun networking dengan pengguna lulusan, saat ini alumni Program studi pendidikan ekonomi telah berhasil bergabung pada beberapa perusahaan baik perusahaan penempatan magangnya maupun perusahaan-perusahaan lainnya serta di berbagai Sekolah. Terhitung program studi pendidikan ekonomi telah mewisuda 620 orang wisudawan dalam 6 periode wisuda yang telah tersebar bekerja untuk mencerahkan dan menginspirasi anak bangsa.