foto1
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Family Day Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
STKIP PGRI SUMATERA BARAT
Jl. Gunung Pangilun
Padang-Sumatera Barat

Login Form

No

Capaian Pembelajaran

Sumber

A. ASPEK SIKAP

1.

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

Lampiran Permendikbud Nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

2.

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

3.

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa

4.

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan Bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;

5.

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

6.

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

7.

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

9.

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

10.

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

11.

Menjunjung prinsip dan kode etik akuntan, profesionalisme dan konsistensi.

Kekhasan Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat

B. ASPEK PENGETAHUAN

1.

Menguasai  konsep, prinsip, teknik dan prosedur materi, pengetahuan tentang media dan metode pembelajaran, pengelolaan kelas, manajemen sekolah, administrasi sekolah, kepemimpinan sekolah, pada pembelajaran di SMA/SMK .

Hasil Rapat Kerja Nasional Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO) pada

Yogyakarta, 9 Mei 2015

2.

Menguasai  konsep, prinsip, teknik dan prosedur penyusunan laporan keuangan, pengambilan keputusan, total quality manajemen, alat analisis pada lembaga pemerintahan/swasta tingkat nasional dan daerah (lembaga ekonomi dan bisnis)

3.

Menguasai   konsep   teoretik   bidang   keilmuan   lain   yang   serumpun sebagai pendukung penguasaaan keilmuan ekonomi.

4.

Menguasai   konsep   teoretik   paedagogi,   inovasi   pembelajaran   ekonomi   di Sekolah   Menengah   Kejuruan,   Sekolah   Menengah   Umum   dan   atau   yang sederajat

5.

Menguasai konsep dan teknik pengembangan perangkat pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran ekonomi yang mendidik.

Rumusan Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat

6.

Menguasai konsep penyusunan dan analisis laporan keuangan dengan menggunakan software Myob dan Zahir.

7.

Menguasai konsep pengambilan keputusan dengan  dengan menggunakan software Lisrael.

8.

Menguasai konsep teori pertumbuhan ekonomi dalam mengatasi masalah pembangunan dengan menggunakan alat analisis dalam bentuk software SPSS dan Eviews

9.

Mampu menerapkan sikap atas perjuangan guru dan jati diri PGRI

10.

Mampu menerapkan sistem kekerabatan dan adat istiadat budaya minangkabau

C1. ASPEK KETERAMPILAN UMUM

1.

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Lampiran Permendikbud Nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

2.

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

3.

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi dan menggunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

4.

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

5.

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang ekonomi akuntansi, manajemen dan ekonomi pembangunanberdasarkan hasil analisis informasi dan data .

6.

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaga.

7.

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

8.

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

9.

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

C2. ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS

1.

Mampu   menerapkan   konsep,   prinsip,   teknik   dan   konsep, prinsip, teknik dan prosedur materi, pengetahuan tentang media dan metode pembelajaran, pengelolaan kelas, manajemen sekolah, administrasi sekolah, kepemimpinan sekolah pada pembelajaran di SMA/SMK

Hasil Rapat Kerja Nasional Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia (ASPROPENDO) pada

Yogyakarta, 9 Mei 2015

2.

Mampu   menerapkan   prinsip-prinsip   bidang   keilmuan   lain   yang   serumpun sebagai pendukung  keilmuan akuntansi

3.

Mampu  merencanakan,  menerapkan,  mengelola,  mengevaluasi  pembelajaran serta  melakukan  perbaikan  pendekatan  atau  model  pembelajaran,  metode  dan proses belajar ekonomi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta  pemangku  kepentingan  sesuai  standar  proses  dan  mutu  pendidikan  serta memanfaatkan  berbagai  sumber  belajar  dan  IPTEKS  yang  berorientasi  pada kecakapan hidup

4.

Mampu   mengkaji   dan   menerapkan   berbagai   model,   metode,   dan   teknik pembelajaran inovatif pada berbagai bidang  akuntansi bernuansa kontekstual

5.

Mampu  menggunakan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  yang  relevan  untuk pembelajaran ekonomi dan pengembangannya

6.

Mampu menerapkan konsep dan teknik pengembangan perangkat pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran ekonomi.

Rumusan Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat

7.

Mampu  menyajikan laporan keuangan dan mengoperasikan  software Myob dan Zahir sebagai software akuntansi keuangan.

8.

Mampu menerapkan teknik pengambilan keputusan dengan menggunakan software Lisrael

9.

Mampu mengatasi masalah pembangunan dengan alat analisis software SPSS dan Eviews.

10.

Mampu menerapkan sistem kekerabatan dan adat istiadat budaya minangkabau

11.

Mampu menerapkan sikap atas perjuangan guru dan jati diri PGRI