foto1
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
Family Day Program Studi Pendidikan Ekonomi
foto1
STKIP PGRI SUMATERA BARAT
Jl. Gunung Pangilun
Padang-Sumatera Barat

Login Form

SINOPSIS MATA KULIAH

 

STKIP001  Pendidikan agama (3 SKS)

Memberikan pengetahuan keagamaan dalam rangka menghasilkan mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menerapkan nilai-nilai luhur keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, bersikap rasional, dinamis dan menghargai kerjasama antar umat beragama.

 

STKIP002  Pendidikan Pancasila (3 SKS)

Memberikan pemahaman tentang hakekat dan isi Pancasila sebagai falsafah negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, UUD 1945, GBHN/RPJP/RPJM untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

STKIP003Bahasa Indonesia (3 SKS)

Membina dan mengembangkan keterampilan bahasa Indonesia sebagai media komunikasi ilmu pengetahuan yang dapat dilalui mahasiswa dalam bentuk lisan, tulisan, karya tulis, laporan, skripsi dan tugas akhir.

 

STKIP004Pengantar Pendidikan (3SKS)

Membicarakan hakekat manusia dan perkembangannya, hakekat, azaz, landasan dan lingkungan pendidikan serta pendidikan nasional.

 

STKIP005Perkembangan peserta didik (3SKS)

Membicarakan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan, kebutuhan dan tahap-tahap perkembangan serta penyesuaian diri remaja (usia sekolah menengah) serta implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan

 

STKIP006Profesi kependidikan (3SKS)

Membicarakan peranan guru dalam pelayanan bimbingan dan konseling dan administrasi pendidikan di sekolah. Penyikapan tugas, refleksi, profesional dan kode etik profesi keguruan.

 

STKIP007Ilmu Alamiah Dasar (3 SKS)

Memberikan kemampuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang dasar-dasar pengetahuan alam dan kemampuan memanfaatkan perkembangan Sains.

 

STKIP008ISBD (3 SKS)

Memberikan pemahaman tentang permasalahan dasar tentang ilmu-ilmu kemasyarakatan seperti antropologi, sosiologi, ekonomi, psikologi, dan politik dengan pendekatan interdisipliner guna melengkapi pembinaan kepribadian mahasiswa untuk dapat bekerjasama melalui multi disiplin.

 

STKIP011Bahasa Inggris (2 SKS)

Membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk memahami buku-buku teks yang berkaitan dengan pendidikan ilmu ekonomi dalam rangka membantu mahasiswa dalam percepatan proses perkuliahan dan penyelesaian tugas akhir.

 

 STKIP015Aplikasi Komputer (2 SKS)

Memperkenalkan konsep komputer sebagai suatu sistem terpadu dari hardware, software, brainware serta perkembangannya, khususnya dalam konteks mikro processor. Pembahasannya mencakup applikasi komputer dalam penelitian, perencanaan dan pengawasan serta penggunaan bahasa komputer lainnya.

 

EKO900001 Pengantar akuntansi 1 (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang proses penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa dan perdagangan, pencatatan elemen laporan keuangan dan metode pencatatan yang bersangkutan dan memperkenalkan konsep dasar akuntansi manajemen.

 

     EKO900002          Pengantar  ekonomi mikro (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang perilaku konsumen dan produsen serta bentuk pasar. Memperkenalkan konsep fungsi permintaan, penawaran, elastisitas, fungsi biaya dalam hubungannya dengan proses pembentukan harga, serta penerapan konsep ilmu ekonomi mikro dalam sistem ekonomi Indonesia.

 

EKO900003 Pengantar ekonomi makro (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dasar pembentukan pendapatan nasional, penawaran dan permintaan agregatif, pengeluaran pemerintah, konsumsi, investasi, eksport dan impor. Teori permintaan uang, faktor penentu jumlah uang beredar, dan teori lalu lintas modal antar negara.

 

EKO900004 Pengantar Akuntansi 2 (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pengertian, pengolongan, pengakuan, dan pengukuran pelaporan elemen-elemen laporan keuangan di neraca aktiva dan passiva. 

 

EKO900005  Pengantar Manajemen (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pendekatan fungsi dalam manajemen organisasi pada umumnya, menjelaskan faktor lingkungan yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen, pembahasan fungsi  manajemen  sebagai suatu pendekatan sistem pengelolaan perusahaan.

 

EKO900006   Pengantar Bisnis (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pengertian dan ruang lingkup perusahaan, bentuk perusahaan dari segi hukum dan pemilikan, skala, jenis, dan bidang usaha, fungsi perusahaan meliputi pemasaran, produksi/operasi, personalia dan keuangan serta berbagai aspeknya.

 

EKO900007   Teori Ekonomi Mikro (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peranan harga dalam pengambilan keputusan pilihan alokasi sumberdaya ekonomi. Penggunaan analisis supply dan demand , analisis pengambilan keputusan konsumen dan teori permintaan. Analisis keputusan produsen dan teori penawaran. Sistem pasar output dan pasar input, keseimbangan pasar dan efesiensi alokasi sumberdaya. Teori keseimbangan sebahagian atau umum serta implikasinya pada ekonomi kesejahteraan, distorsi sistem ekonomi pasar dan kegagalan pasar. 

 

EKO900008  Teori Ekonomi Makro (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan ekonomi makro di Indonesia, sistem pasar dan lembaga ekonomi yang berkaitan dengan sistem dan kebijakan ekonomi makro. Perbandingan konsep teori klasik dengan teori lainnya yang lebih mutakhir, konsep kebijakan fiskal dan moneter, analisis efektifitas kebijakan moneter dan fiskal. Teori tentang inflasi dan kenyataannya di Indonesia, pengaruh pinjaman luar negeri kepada neraca pembayaran dalam sistem ekonomi terbuka  dan pertumbuhan ekonomi. Berbagai konsep pertumbuhan dan peranan uang dalam pertumbuhan ekonomi  serta membahas dampak kebijakan ekonomi makro kepada pertumbuhan ekonomi.

 

EKO900009 Matematika Ekonomi (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang dasar-dasar ekonomi yang dapat diformulasikan dalam formula matematika, aljabar linear dan matrik, konsep derivatif dan limit fungsi, penggunaan differensial, integral, fungsi eksponential dan logaritma dan konsep optimisasi, sehingga dengan konsep-konsep matematika diatas, dapat mengatasi persoalan ekonomi yang kompleks dengan menggunakan formula matematika seperti analisa pasar, biaya dan pendapatan dari suatu perusahaan.

 

EKO900010         Matematika bisnis (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang teori peluang, teori pangsa pasar, bunga tunggal, bunga majemuk, pembayaran cicilan, discount tunggal, menghitung annuitas, sehingga dapat menggunakan salah satu alat bantu dalam pengambilan keputusan bisnis.

 

EKO900011 Statistik I (3 SKS)

 Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penggunaan statistik sebagai alat bantu vital dalam analisis ekonomi terutama dalam penggunaan data empiris. Pembahasan meliputi pengertian dasar, distribusi frekwensi, ukuran lokasi, ukuran variasi, ukuran kemencengan dan kemiringan, analisa korelasi dan reggresi linear sederhana, analisa data time series dan angka indeks. Mata kuliah ini dilengkapi dengan laboratorium agar mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip statistik yang diberikan.

 

 

EKO900012Statistik II (3 SKS)

                  Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penggunaan dan ruang lingkup statistik inferensial. Titik berat diberikan pada teori peluang, distribusi sampling dan pendugaan serta penggunaan regresi linear berganda, analisis time series, dan bentuk-bentuk penyimpangan dari Ordenary Least Square (OLS).

 

EKO900013 Penelitian Kuantitatif (3 SKS)

      Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pembahasan kurang sempurnanya  data statistik sosial ekonomi dengan mencari jalan keluarnya, pengumpulan data sensus penduduk, susenas, penyusunan indeks ekonomi dan sosial dan pengendalian pengumpulan data, analisis reggresi, korelasi dan optimasi, serta analisis non parametrik dalam ekonomi.

 

EKO900015 Operation Research (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang berbagai teknik matematis dalam model-model pemecahan masalah, alokasi optimal serta memahami berbagai teori yang berkaitan dengan pengambilan keputusan.

 

EKO900016 Hukum Perdata dagang (3 SKS)

      Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang implikasi hukum dalam pelaksanaan kebijakan ekonomi yang meliputi pembahasan: pengantar hukum  dagang dan hukum perdata, bentuk perusahaan, surat perniagaan jual beli dan kredit berdokumen, hukum pajak, pembagian jenis pajak, azas pungutan pajak, dan berbagai tarif pajak serta pajak-pajak pemerintahan daerah dan pusat.

 

EKO900017 Bahasa Inggris Bisnis (3 SKS)

      Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penerapan bahasa inggris dalam dunia bisnis meliputi korespondensi bisnis, penyusunan jadwal pertemuan bisnis, negosiasi bisnis, transaksi dalam bisnis dan surat menyurat bisnis.

 

EKO900018 Ekonometrika (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang masalah analisis ekonomi, spesifikasi model ekonometrika, pendugaan parameter, verifikasi model dan peramalan. Model-model empirik termasuk model-model permintaan dan penawaran dan model makro ekonomi, masalah derajat bebas dan kekurangan data ekonomi. Pembahasan model ekonometrika dan statistik klasik serta dampak penyimpangan model ekonometrika klasik.

 

EKO900019 Perpajakan (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk membahas konsep perpajakan dan distribusi. Pembatasan meliputi sistem perpajakan di Indonesia, ketentuan umum dan tata cara perpajakan, konsep pajak penghasilan, akuntansi perpajakan PPN & PPnBM, PBB PBHTB, bea materai pajak dan retribrusi daerah.

 

EKO900020 Akuntansi manajemen (3SKS)

                  Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang aplikasi akuntansi biaya sebagai alat perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan dengan menggunakan konsep-konsep biaya manajemen untuk keperluan perencanaan pengawasan dan pengambilan keputusan.

 

 

 

EKO900021 Ekonomi Pembangunan (3 SKS)

                  Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pembangunan ekonomi di negara berkembang meliputi model-model teori pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, ketenagakerjaan, kemiskinan, distribusi pendapatan, migrasi, urbanisasi, dan kebijakan pembangunan dalam negeri dan luar negeri.

 

EKO900022 Sosiologi-Politik Ekonomi (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dasar sosiologi ekonomi dan politik ekonomi dengan pembahasan meliputi tentang: pengertian dan ruang lingkup kajian sosiologi ekonomi dan politik ekonomi, perspektif sosiologi tentang ekonomi, kelembagaan ekonomi dan pasar, tindakan ekonomi dan tindakan sosiologi, kultur dan ekonomi, sistem pertukaran di pasar, konsumsi dan gaya hidup.

 

EKO900023 Bank dan lembaga keuangan lainnya (2 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dasar sistem dan kelembagaan bank dan keuangan dalam ilmu ekonomi.

 

EKO900024 Anggaran Perusahaan (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar perencanaan dan pengendalian laba, perencanaan dan pengendalian penjualan, perencanaan produksi, budget tenaga kerja, budget biaya overhead, variable budget dan capital budgeting.

 

EKO90025 Bimbingan Skripsi (2 SKS)

Mata kuliah ini membahas teknik penyusunan proposal dan laporan skripsi terutama penjelasan tentang isi bagian tubuh skripsi, teknik penulisan, penggunaan bahasa dan simbol, teknik pengutipan, penyusunan daftar pustaka dan lain sebagainya.

 

EPP 900026 Ekonomi Perkotaan dan Pedesaan (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang agromerasi ekonomi pada industri perkotaan dan terbangunnya agropolitan di pedesaan serta  integrasi kedua sistem tersebut dalam membangun perekonomian.

 

                                                                                                                                                                                 

EPP 900027 Ekonomi Sumberdaya Alam (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang alokasi sumberdaya alam dan lingkungan hidup di tingkat nasional, regional maupun lokal dalam kaitannya dengan perubahan dan pertumbuhan ekonomi pembahasan meliputi teori kegagalan tentang pasar, alokasi barang dan jasa sumberdaya alam, sistem hak-hak penguasaan dan penggunaan sumberdaya alam yang mempengaruhi efisiensi, kemerataan dan keberlanjutan.

 

EPP 900028 Ekonomi Moneter (2 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang system  moneter, penawaran dan permintaan uang, serta interaksinya pada sektor riil, berbagai instrument kebijakan dan pengendalian moneter serta masalah-masalah yang dihadapi dalam kebijakan moneter.

 

EPP 900029 Sejarah Teori Ekonomi (2 SKS)

       Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang para pemikir falsafah ekonomi terdahulu, mashab ortodox, ilmu ekonomi masa kini, dan perkembangan pemikiran ekonomi Indonesia.

 

EPP 900030 Ekonomi Perencanaan (2 SKS)

Memberikan pengetahuan tentang perencanaan pembangunan yang meliputi aspek tataruang wilayah pembangunan.

 

EPP 900031 Perekonomian Indonesia (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang perkembangan ekonomi Indonesia sejak 1966 hingga kondisi ekonomi aktual dalam berbagai aspek dan dinamikanya. Juga mencermati berbagai kebijakan-kebijakan ekonomi, latar belakang kebijakan tersebut beserta dampak dan implikasi-implikasinya. Aspek-aspek ekonomi tersebut meliputi kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dimensi internasional, kebijakan sektoral (pertanian industri dan jasa), masalah pembangunan social, pembangunan ekonomi daerah, serta tentang krisis ekonomi Indonesia pada 1998.

 

EPP 900032 Ekonomi Kebijakan Publik (3 SKS)

      Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang aspek-aspek ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya ekonomi.

 

EPP 900033 Ekonomi Internasional (3 SKS)

      Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang perspekstif perdagangan internasional, teori-teori perdagangan internasional: klasik, neo klasik, dan berbagai alternatif lainnya, proteksi dan kebijakan komersial , kerjasama regional dan multi lateral, pasar valuta asing, neraca perdagangan, dan kebijakan perdagangan.

 

EPP 900034 Ekonomi Regional (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang prospek tata ruang dalam analisis ekonomi melalui pembahasan peranan faktor lokasi dalam pengambilan keputusan ekonomi, penentuan kawasan pasar dan proses terbentuknya sistem tata ruang ekonomi wilayah yang berkaitan dengan aglomerasi ekonomi. Konsep wilayah serta strukturnya, perumbuhan ekonomi regional, kebijakan ekonomi regional, dan syarat-syarat pembangunan regional.

 

AKT900035 Akuntansi Keuangan  (3 SKS)

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan, sifat pengukuran  elemen laporan keuangan, laporan keuangan pokok (laporan rugi-laba, laporan laba di tahan, neraca dan laporan arus kas) serta pos-pos aktiva dalam neraca.

 

AKT900036 Akuntansi Biaya (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep biaya, dan manfaat akuntansi biaya bagi manajemen serta penerapannya pada penentuan harga pokok produksi dengan system biaya historis untuk perusahaan yang menghasilkan satu macam produk dan beberapa macam produk. Disamping itu juga menjelaskan perencanaan dan pengendalian biaya untuk komponen biaya produksi dengan menggunakan biaya yang ditentukan dimuka (harga pokok standard).

 

AKT900037 Akuntansi Keuangan Lanjutan (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang konsep dalam penerapan akuntansi keuangan untuk masalah-masalah yang khusus. Pembahasan meliputi akuntansi untuk : persekutuan, joint venture, penjualan cicilan dan penjualan konsinyasi, usaha keagenan, likuidasi dan kantor cabang.

 

AKT900038 Analisis Laporan Keuangan (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang laporan keuangan yang sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan. Kemampuan dalam menganalisa dan membaca laporan keuangan akan mempengaruhi kualitas keputusan yang diambil oleh pengelola. Mata kuliah ini memberikan teknik-teknik dalam membaca dan menganalisa laporan keuangan, untuk mengetahui kondisi usaha khususnya.

 

AKT900039 Sistem Informasi Akuntansi (2 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang system akuntansi, siklus-siklus transaksi dan pengendalian system interen dalam suatu kegiatan ekonomi. Pembahasan meliputi Peranan informasi dalam pengambilan keputusan, prinsip-prinsip internal control, system dan prosedur penjualan, hutang, pengeluaran kas, dan prosedur produksi dan persediaan.

 

AKT900040 Teori Akuntansi (2 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pendekatan teoritis terhadap berbagai masalah akuntansi yng memungkinkan untuk memecahkan masalah baru dikemudian hari dan untuk pengembangan alternatif baru di masa depan.

 

AKT900041 Komputerisasi Akuntansi (2 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam memahami system operasi dan siklus pengolahan data akuntansi dalam menghasilkan laporan keuangan dengan menggunakan perangkat lunak speedsheet dan program aplikasi akuntansi.

 

AKT900042 Pemeriksaan Akuntansi (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang konsep dasar audit, standard auditing, kode etik akuntansi Indonesia dan perencanaan audit.

 

AKT900043 Manajemen Audit (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan  tentang tahap-tahap dalam kegiatan audit manajemen, pemahaman lingkup audit atas fungsi-fungsi manajemen, dan topik khusus tentang audit kecurangan.

 

TTN900044 Manajemen Biaya (2 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep biaya kontemporer. Pemanfaatan konsep biaya kontemporer tersebut diharapkan perusahaan untuk mampu bersaing di tingkat global. Materi mengenai pengenalan manajemen biaya, konsep-konsep dalam manajemen biaya dan Balanced Score Card untuk menilai kinerja manajer era kontemporer.

 

TTN900045 Manajemen Keuangan (2 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai pengelolaan keuangan perusahaan secara efektif dan efisien, dengan memperkenalkan metoda analisis keuangan, konsep-konsep dan teknik dalam pengambilan keputusan keuangan perusahaan; seperti keputusan investasi dalam upaya memaksimumkan nilai perusahaan.

 

TTN900046 Manajemen Sumber Daya Manusia (2 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan padamahasiswa tentang pengelolaan sumberdaya organisasional, sebagai asset yang akan dikelola, dikembangkan dan dimanfaatkan secara efisien dan efektif  untuk mencapai tujuan organisasi.

 

TTN900047 Sistem informasi manajemen (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang : Pengenalan terhadap Sistem Pemrosesan Transaksi,  Siklus Transaksi dan Proses-proses Bisnis,  Teknologi Informasi dalam Sistem Informasi Akuntansi, Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi, dan Pengenalan terhadap Etika, Kecurangan, dan Pengendalian Intern.

 

TTN900048 Komunikasi Bisnis (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang berkomunikasi baik lisan maupun tertulis, dan melakukan komunikasi bisnis yang berguna, termasuk konsep, pandangan dan kemampuan sebagai usahawan. Studi tentang bagaimana berkomunikasi secara efektif dalam bisnis, dengan konsep, pandangan dan teknik komunikasi yang digunakan oleh seorang usahawan.

 

TTN900049 Manajemen Pemasaran (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang konsep pemasaran, perencanaan pemasaran, lingkungan pemasaran global dan proses segmentasi produk dan strategi memasuki pasar produk global.

 

TTN900050 Manajemen Strategis (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai analisis lingkungan dan merumuskan strategi pada tingkat fungsional, Strategis bisnis unit (SBU), korporasi, dan pasar internasional.

 

TTN900051 Riset Pemasaran (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep dasar penelitian pemasaran, tekat dan prosedur pelaksanaannya, serta latihan pengaplikasian hasil penelitian untuk keperluan perusahaan.

 

TTN900052 Studi Kelayakan Bisnis (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai teori/konsep dan aplikasi penyusunan studi kelayakan bisnis dengan penilaian dari aspek pasar, teknis, organisasi, sumberdaya manusia dan keuangan.

 

EKO900053 Penilaian hasil belajar ekonomi (3SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip-prinsip dan teknik penilaian hasil belajar ekonomi serta prosedur pengembangan alat penilaian untuk memperoleh gambaran hasil belajar siswa dan pemanfaatannya bagi perbaikan proses belajar mengajar.

 

EKO900054 Belajar Pembelajaran (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman keada mahasiswa tentang hakikat belajar dan pembelajaran dengan  berbagai unsur dan pendekatannya, serta implikasinya dalam pelaksanaan belajar dan pembelajaran.

 

 

EKO900055 Perencanaan Pengajaran Ekonomi (3SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep-konsep dasar perencanaan pengajaran dengan menyusun berbagai jenis program pengajaran ekonomi.

 

 

 

 

EKO900056 Pengajaran Mikro (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang teori dasar berbagai keterampilan mengajar  serta mampu menerapkan berbagai teori tersebut  pada latihan mengajar terbatas di kelas dalam pengajaran ekonomi.

 

EKO900057 Kurikulum dan buku Teks (3SKS)

                  Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pengertian komponen-komponen kurikulum, menganalisis materi ekonomi dalam GBPP dan buku teks ekonomi.

 

EKO900058 Strategi belajar mengajar Ekonomi (3SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai strategi dan metode pengajaran ekonomi dan teori-teori belajar, media yang mendukung kegiatan belajar mengajar serta berbagai cara pengelolaan kelas.

 

EKO900059  PL Kependidikan ekonomi (3 SKS)

Memberikan suatu keterampilan, latihan merencanakan dan melaksanakan praktek belajar mengajar dan kegiatan lainnya di sekolah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

 

EKO900060 Enterpreneurship (3 SKS)

Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai pemikiran kewirausahaan, Idea dan Realiity, menilai dan merancang strategi pasar, menyusun perencanaan strategis, perencanaan kas, menyusun perencanaan bisnis total, memanfaatkan berbagai sumber pembiayaan. Untuk itu, PBM juga dilakukan dengan cara menarik pengalaman dari berbagai pengusaha dan bidang usaha yang berhasil.

                                                                                                                   

EKO900061 Skripsi (6 SKS)

Mengaplikasikan kemampuan menulis hasil penelitian lapangan berupa laporan hasil penelitian empiris. Format laporan hasil penelitian, anatomi laporan penelitian, rumusan hipotesis, review literatur, konvensi-konvensi dalam merujuk karya orang lain, menyusun daftar bibliografi.

 

EKO900062 Ekonomi Lingkungan (3SKS)

Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang nilai ekonomi lingkungan fisik dan sosial dalam kaitannya dengan pembangunan ekonomi berkelanjutan. 

 

EKO900063 Magang (3SKS)

Melakukan kerja praktek pada perusahaan bisnis dan lembaga ekonomi lainnya, agar dapat mengsingkronkan antara teori-teori ekonomi yang